Sport Motorcycles Motorcycle Modif Motorcycle News Beauty Motorcycles Sexy Motorcycle
Next motorcycles Racer Motorcycle Latest Motorcycle Old Motorcycles Sexy Bikers
Super motorcycles Motorcycle Performance Max Bikers Rallies Motorcycles Motorcycle Hot Girl

p

Wednesday, April 20, 2011

Ternyata Apple iPhone dan iPad 3G Merekam Lokasi Pengguna tanpa Sepengetahuan Pemiliknya

Ihsan Magazine - Berdasarkan laporan penelitian yang dilakukan oleh O’reilly Radar baru-baru ini, Apple dipercaya telah merekam posisi handset iPhone dan iPad 3G sejak dirilisnya iOS 4 pada bulan Juli 2010 lalu. Perangkat ini diketahui telah menyimpan posisi perangkat dalam sebuah file tersembunyi bernama “consolidated.db” yang dimaksdukan untuk merekam koordinat bujur dan lintang ditambah waktu saat berada di posisi ini.

Pada awalnya diperkirakan kejadian ini merupakan kesalahan dari Apple yang tidak disengaja namun kemudian argumen ini terbantah karena iTunes ternyata menyimpan satu salinan data ini ke dalam backup yang dibuat. Dengan demikian ketika seseorang mengembalikan data yang disimpan sebagai cadangan di iTunes maka data ini akan tetap disimpan.
Data ini disimpan Apple di dalam perangkat tanpa enkripsi sehingga bisa membahayakan privasi dan keamanan penggunanya. Orang lain yang tahu lokasi berkas tersebut bisa melakukan pengecekan dan mengetahui kemana saja pengguna perangkat ini beraktivitas. Data yang disimpan ini memiliki rentang waktu satu tahun sehingga dapat diketahui aktivitas seseorang dalam setahun tersebut. Selain merekam akses nirkabel, perangkat ini juga merekam tower seluler dan GPS.



Untungnya ada satu cara untuk memproteksi pengguna iPhone atau iPad 3G yaitu dengan melakukan penyandian (enkripsi) berkas data yang di-backup lewat iTunes. Pengguna cukup mencentang opsi ‘Encrypt iPhone backup’ yang ditampilkan dari menu Options. Untuk melihat bagaimana gambaran seorang pengguna iPhone atau iPad 3G melakukan aktivitas atau perjalanan, O'Reilly telah membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya melihat data yang dimilikinya dan menampilkannya di peta. Aplikasi ini disebut iPhoneTracker dan dapat diunduh dari link tautan ini.

No comments:

Post a Comment