Sport Motorcycles Motorcycle Modif Motorcycle News Beauty Motorcycles Sexy Motorcycle
Next motorcycles Racer Motorcycle Latest Motorcycle Old Motorcycles Sexy Bikers
Super motorcycles Motorcycle Performance Max Bikers Rallies Motorcycles Motorcycle Hot Girl

p

Wednesday, March 16, 2011

Share Button dari Rockto.com dan Strategi Monetisasi

Beberapa perkembangan yang terjadi pada layanan Rockto sempat DailySocial tulis, mulai dari perkembangan badge mereka, fitur baru sampai program promosi. Kali ini Rockto menambahkan satu lagi fitur dari layanan mereka yaitu Rockto Share Button.



Fasilitas ini memudahkan mereka yang telah menggunakan fasilitas Rockto dan memiliki blog atau situs sendiri dan ingin menempatkan fasilitas button yang memudahkan untuk membagi konten ke layanan Rockto, serta tentunya bisa juga membuka peluang bagi pengguna baru yang tertarik untuk menempatkan Rockto Share Button di blog/situs mereka.


Ada dua pilihan tombol berbagi, kode dan cara-cara penempatan juga telah dijelaskan oleh Rockto, Anda bisa melihatnya di tautan ini. Seperti yang disebutkan di atas, berbagai tambahan fasilitas telah dilakukan Rockto, mulai dari penambahan badge maupun pengembangan layanan social bookmarking yang menjadi layanan utama, semuanya mengarah ke strategi monetisasi, dan kali ini Rockto menampilkan salah satu strategi monetisasi mereka yaitu Rockto Social Campaign.

Rockto Social Campaign ini sebetulnya telah berjalan sebelumnya dengan beberapa program, seperti dengan kampanye untuk Free! Magz, namun baru tawarkan atau diperkenalkan untuk publik baru-baru ini.
Dari keterangan situs mereka, Rockto Social Campaign ini menawarkan berbagai fasilitas, seperti eksposur lewat layanan utama mereka, social bookmarking, yang memberikan ruang bagi pengguna untuk merekomendasikan konten baik itu tautan, gambar, suara yang nantinya bisa dilihat oleh para pengguna Rockto serta optimasi dengan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.
Kemudian fasilitas lain adalah lewat berbagai badge yang tersedia di Rockto. Pemilik merek atau pihak yang ingin menggunakan Rockto sebagai sarana social campaign bisa membuat badge khusus sesuai dengan preferensi mereka atau menggunakan badge yang telah ada, lengkap dengan unsur permainan untuk mendapatkan badge ini.

Program yang ketiga adalah dengan fasilitas QR-code. Rockto akan menyediakan kampanye offline lewat QR-code yang bisa digabungkan dengan elemen permainan (badge) di layanan Rockto.
Menjalankan program seperti yang disediakan oleh Rockto sebenarnya menjadi salah satu cara ketika layanan yang dikembangkan punya komunitas atau pengguna tertentu, kita juga tentunya masih ingat dengan GantiBaju yang menjadikan layanan mereka sebagai media outlet. Penggunaan badge dan integrasi dengan program promosi juga dilakukan dilayanan Foursquare.

Memaksimalkan berbagai fitur yang ada di Rockto seperti badge untuk promosi bagi saya strategi yang cukup pas, minimal dengan elemen permainan dan desain yang unik tentunya para pengguna akan tetap tertarik, satu hal yang harus diperhatikan adalah komunitas itu sendiri.
Layanan social bookmaring juga bukan layanan baru dan banyak layanan lain yang menyediakan fasilitas serupa, jadi Rockto memang harus cukup hati-hati jika nantinya mereka mendapatkan klien yang ingin menggunakan fasilitas promosi di layanan mereka, jangan sampai membuat kesal komunitas pengguna mereka. Tantangan utama adalah membuat program promosi halus, program yang mengena namun tidak hard selling.

Penambahan sarana share button, meski bukan killer feature juga sepertinya bisa mendukung salah satu strategi monetisasi dari Rockto, semakin banyak yang mengadopsi share button, konten akan semakin banyak, komunitas juga akan berkembang yang menjadikan posisi tawar layanan Rockto pun bertambah.
Saat ini telah ada tiga program yang telah menggunakan layanan social campaign dari Rockto (satu program internal), yang bagi saya masih tahap uji coba, kini ujian sebenarnya akan segera muncul. Kita lihat program apa lagi yang akan hadir dan pemilik merek mana yang tertarik dengan Rockto.com.

No comments:

Post a Comment