Sport Motorcycles Motorcycle Modif Motorcycle News Beauty Motorcycles Sexy Motorcycle
Next motorcycles Racer Motorcycle Latest Motorcycle Old Motorcycles Sexy Bikers
Super motorcycles Motorcycle Performance Max Bikers Rallies Motorcycles Motorcycle Hot Girl

p

Thursday, April 14, 2011

Persiapan Menulis Artikel Blog

http://supersuga.files.wordpress.com/2010/03/menulis.gif
Ihsan Magazine - Menulis artikel mungkin mudah bagi sebagian orang. Sementara untuk yang lain bisa jadi sulit. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mereka nggak tahu caranya lalu diam menunggu ide datang. Atau mereka sudah tahu tapi tidak menjalankan. Bisa juga telah dijalankan tapi nggak tahu teknik terbaik.
Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menulis. Bagi yang belum pernah baca tulisan model begini, semoga bermanfaat. Untuk para master blogging, jangan di ketawain ya.

Mengidentifikasi Target Pembaca

Menulis artikel untuk blog marketing jelas beda dengan blog kesehatan wanita. Siapa pembaca blog Anda, itulah yang menjadi rujukan model artikel blog. Anda perlu mengetahui karakter, tingkah laku, slang language, trending topic dan segala tetek bengek yang berhubungan dengan bidang tersebut. Sentuhan detail memang nggak diperlukan dalam jumlah banyak. Tapi keberadaannya tetap diperlukan sebagai ciri khas segmentasi blog.

Menentukan Tujuan

Apakah ada blogger yang menulis tanpa tujuan? Saya yakin nggak ada. Meskipun posting cuma satu kalimat, tentu ada maksud di belakangnya. Tujuan ini pun nggak selalu tertulis dengan jelas dalam deret kata-kata. Kadangkala Anda baru sadar tujuan explisit artikel setelah beberapa hari. Komentar yang bergulir bisa jadi salah satu indikasi tujuan tersebut. Yuk, lihat kolom komentar blog tetangga. Nanti akan ketahuan ada udang di balik batu. Waspadalah!

Menentukan Standard Kesuksesan

Artikel yang sukses itu yang gimana? Pertanyaan ini terlalu personal untuk dijawab. Setiap narablog punya parameter yang berbeda-beda. Misalnya: jumlah pembaca, unique visitor, jumlah komentar, efek yang ditimbulkan, jumlah penjualan dan lain-lain. Mau mengalahkan popularitas blog tetangga? Boleh. Siapa tahu Anda blogger ngetob berikutnya. Yang pasti, jangan nulis sambil lalu. Apa yang Anda tulis adalah mencerminkan sisi intelektual, semangat dan harapan Anda. So, jangan ragu bikin standard tinggi.

Mempelajari Berbagai Kemungkinan Model Penulisan

Berikutnya adalah model penulisan bagaimana yang akan Anda pilih. Apakah jenis artikel kilat, lengkap, tutorial, narasi cerita dan lain-lain. Lalu gaya bahasa apa yang digunakan. Apakah resmi, setengah resmi, seperempat resmi, santai, setengah santai, atau bahkan nggak nyantai blass alias ceramah. Bahkan bahasa allay pun boleh digunakan bila pembaca blog memang menyukainya.

Meneliti Tulisan Sejenis Yang Sudah Ada

Membanding-bandingkan karya sendiri dengan orang lain memang nggak baik. Tapi ini tetap bisa dilakukan sepanjang tujuannya adalah menambah referensi berpikir. Dalam beberapa kesempatan, saya terinspirasi menulis artikel justru setelah membaca artikel orang lain. Sedangkan untuk para blogger yang konsen ke SEO, mengintip artikel tetangga adalah sebuah keharusan dalam rangka menentukan keyword yang akan diincar.

Berkonsultasi Dengan Ahlinya

Bila masih ragu dengan data-data yang diperoleh, Anda bisa meminta pendapat dari sang pakar. Nggak usah malu. Ini juga merupakan bentuk simbiosis mutualisme dalam blogging. Kedua pihak berkepentingan dalam hal branding. Namun harus tetap ingat etika menulis. Misalkan mencantumkan nama dan link sumber. Lalu tidak mengubah gagasan awal yang disampaikan narasumber.

Menulis Setahap Demi Setahap

Pada akhirnya, semuanya harus berjalan tahap demi tahap. Nggak ada artikel yang langsung lahir begitu saja. Kenapa ada blogger yang bisa nulis singkat 5 menit langsung jadi? Ya itu karena proses yang dibutuhkan lebih cepat. Ibarat mau ke Tokyo, orang yang naik pesawat terbang tentu besar kemungkinan tiba lebih dulu daripada yang naik kapal laut. Seperti itulah gambarannya.
Bagaimana supaya lebih mahir menulis artikel? Tidak ada jawaban selain sering-seringlah berlatih. Semakin sering menulis, semakin terasah kemampuan mempersingkatkan proses penggalian ide dan eksekusi ke atas keyboard. Selamat mencoba!

Enjoy blogging, enjoy writing!

sumber : http://agussiswoyo.com/2010/12/08/baca-ini-sebelum-posting/

No comments:

Post a Comment